Berita

URGENSI KHITAN BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS

2022-12-25 11:13:16

Admin

Image

Fado, salah satu siswa SDLB Negeri Sambirejo yang baru saja menjalankan salah satu sunnah yaitu berkhitan, saat oleh Dewan Guru kunjungi, Fado nampak sudah berjalan jalan seperti biasa, dia juga menunjukkan raut muka yang bahagia, tak nampak sama sekali wajah yang menahan sakit atau ketakutan, hanya saja dia masih berjalan sedikit membuka kaki karena bekas khitannya masi terasa geli jika bersentuhan dengan kulit paha. Namun kami sangat bangga pada dia karena keberaniannya untuk melakukan khitan. Seperti pada umumnya anak, mereka akan berbahagia setelah berkhitan karena salam tempel yang mereka dapatkan cukup banyak.


"duwite arep tak gae tuku caplokan jaranan" celetuknya saat di tanyai oleh guru perihal salam tempel yang dia peroleh


Khitan wajib hukumnya bagi anak laki-laki beragama Islam. Pada anak berkebutuhan khusus, menunaikan kewajiban penting bagi umat Muslim ini bukan perkara mudah. Pada umumnya anak berkebutuhan khusus, terutama penyandang autisme atau ADHD (gangguan perilaku dan pemusatan perhatian), tidak bisa diminta tenang. Padahal, jika anak terus bergerak, risikonya sangat berbahaya. "Bisa saja nanti penisnya tergores gunting atau pisau karena anak berontak dan tidak tenang," kata dr Mahdian Nur Nasution, Sp.BS, pendiri Rumah Sunatan.


Walau saat ini berkembang teknik sunat menggunakan klem yang memiliki banyak keunggulan, metode ini tidak cocok untuk anak autisme. Pada metode klem, kulup penis akan dijepit dengan suatu alat sekali pakai, kemudian dipotong dengan pisau bedah. Metode ini tidak membutuhkan jahitan, tetapi klem harus terus menempel di penis sekitar satu minggu, padahal anak autisme biasanya tidak bisa melihat benda-benda asing. Kalau dia melihat klem pada penisnya beresiko ditarik. Untuk itu metode sunatnya harus dengan cara konvensional yang dijahit. Kalau hanya perbannya yang lepas, itu bisa dipasang lagi.

Banyak sekali manfaat khitan, di antaranya:

Mengurangi risiko terjadinya penyakit menular seksual, seperti herpes atau sifilis

Mencegah terjadinya penyakit pada penis, seperti nyeri pada kepala atau kulup penis yang disebut fimosis

Mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih, yang berkaitan dengan masalah ginjal

Mengurangi risiko terjadinya kanker penis dan kanker serviks pada pasangan

Membuat kesehatan penis lebih terjaga, karena penis yang disunat lebih mudah dibersihkan




Youtube Channel

sdlbnegerisambirejo1059

Berita Terbaru

Instagram

https://instagram.com/slbnsambirejo?igshid=Yzg5MTU1MDY=

Lokasi Sekolah

Alamat

Jl.Raya Surabaya-Madiun No.05, Ds. Sambirejo Kabupaten Nganjuk

Email

slbnsambirejo@onklas.id

Nomor Telepon

081249857675

Managed By ABK Istimewa
@2022 - 2024